Belanda menjajah Indonesia

Berapa lama sebenarnya Belanda menjajah Indonesia?

Secara kasaran adalah sekitar 20 tahun saja.




Kok bisa? Sebelumnya saya sudah membahas hal yang serupa di Jawaban Brian (周金星) untuk Apakah benar Belanda tidak menjajah Indonesia selama 350 tahun? dan entah kenapa saya selalu merasa bahwa terlalu menyederhanakan sejarah negara kita justru tidak akan selalu berdampak baik, jatuhnya ditakutkan bisa misinformasi.

Kembali ke argumen saya, kenapa kok bisa hanya secara kasar sekitar 20 tahun? Karena jika yang dimaksud adalah wilayah keseluruhan Indonesia modern, maka tandanya baru benar - benar pada tahun 1920 Belanda lewat pemerintahan administratif kolonial menguasai keseluruhan wilayahnya. Perlu diketahui Hindia-Belanda baru sepenuhnya memasukkan semenanjung Doberai atau Papua Barat pada tahun 1920.



Sebelumnya juga pada awal abad ke-20, Belanda baru benar - benar menaklukan wilayah macam Sulawesi, Bali, Maluku, Sumatera, Kalimantan, dan Nusa Tenggara. Bahkan Palembang pada saat itu "setuju" dengan Belanda supaya dimasukkan sebagai bagian dari pemerintahan administratif kolonial mereka demi menghindari penaklukan lewat jalur militer.

Jadi ketika Hindia-Belanda menyelesaikan kepingan terakhir mereka pada tahun 1920, secara resmi wilayah yang kelak menjadi Indonesia akan bertahan sampai dengan tahun 1949 walaupun sempat ada pendudukan Jepang beserta perang kemerdekaan. Namun apakah bukan berarti sebelumnya Belanda tidak menjajah Indonesia? Bisa dibilang menjajah, tapi tidak sesederhana itu.



Bahkan Hindia-Belanda sendiri baru benar - benar berdiri pada tahun 1800, sebelumnya kurang tepat jika pemerintah Belanda yang melakukan penjajahan atau sudah seluruh wilayah kepulauan Nusantara dikuasai. Di bawah tahun 1800 bisa dibilang perusahaan multinasional yang menguasai beberapa daerah di kepulauan Nusantara, kebetulan saja memang perusahaan multinasional ini diberikan hak istimewa supaya bergerak lebih bebas dalam mengontrol wilayah perdagangan mereka pada saat itu.

Jadi jika dimaksudkan menjajah keseluruhan wilayah Indonesia modern, hitungannya hanya sekitar 29 tahun saja. Makanya saya merasa ada baiknya dirubah pemahaman bahwa Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun, lebih tepatnya selama 346 tahun adalah waktu Belanda untuk berupaya menyebarkan pengaruh dan supremasi mereka di kepulauan Nusantara.[1][2][3]



Comments

Popular Posts