Bagaimana tentara/polisi mengetahui manakah musuh yang menyamar sebagai warga sipil alias mata-mata atau bukan?

Susah-susah gampang, pada kenyataannya di lapangan sudah jelas lebih banyak tantangannya daripada yang dipelajari. Jangankan yang warga sipil,


Malah bisa jadi salah satu dari tentara di atas sebetulnya pengkhianat yang diam-diam sudah bekerja sama dengan musuh di balik layar. Bisa jadi terlihat seperti anak kecil biasa yang kebetulan lagi jalan, mungkin dia sambil bawa dagangan orang tuanya, atau mungkin juga sambil jalan dengan temannya.

Kalau tiba-tiba dibalik bajunya ada bom, biasanya baru ketahuan setelah ada ledakan. Yang ada di film kadang terlihat mencurigakan, seakan sudah ada hint bahwa warga sipil tersebut sedang up to something karena mereka disuruh sutradara untuk akting seperti itu.


Tapi di dunia nyata, sangat banyak yang cukup ahli berbaur dan bersikap super normal di tengah keramaian. Bahkan agen rahasia yang sedang menyamar sering ditampilkan dengan gerak-gerik yang mencurigakan dalam film.

Namun di dunia nyata, banyak agen yang sebetulnya benar-benar pandai menyesuaikan diri. Dan orang-orang seperti itu adalah jenis orang yang sangat sulit dipastikan apakah dia memang bukan siapa-siapa atau justru ada siapa-siapa dibaliknya.

Jadi pada kenyataannya memang sulit dibedakan mana musuh yang sedang menyamar. Semakin dalam lingkungannya, maka semakin sulit dibedakan mana musuh mana bukan. Maksudnya,

Seperti foto di atas, seandainya ada satu dua warga di sana yang ternyata mendukung KKB → mungkin masih mudah dicari entah itu dari ekspresinya, gerak-geriknya, caranya berkomunikasi dengan TNI, caranya bersosialisasi dengan warga lain, dan sebagainya. Masih ada tolak ukurnya.

Tapi kalau ternyata pengkhianat itu ada di dalam badan TNI sendiri, berarti dia sudah paham cara mainnya dan orang seperti itu yang sangat sulit dicari terlebih jika dia sudah punya koneksi ke mana-mana.

Comments

Popular Posts